Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Putra, Zamima Daffa Rizki Arie
IRAWAN, RONY HERI
MAHDIYAH, UMI
Subject
465 Other electrical and informatics engineering fields not yet listed
Datestamp
2023-09-27 14:52:29
Abstract :
Perkembangan teknologi informasi diberbagai bidang membuat siapa saja dapat
dengan mudah untuk mengakses informasi. Perkembangan teknologi yang
diminati dikalangan anak-anak dan orang dewasa salah satunya adalah game.
Game yang awalnya hanya untuk bersenang-senang, sekarang bisa dibuat untuk
media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dalam dunia Pendidikan
kemajuan teknologi juga semakin berkembang, misalnya dalam media
pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan dapat
memberikan solusi dan mempermudah dalam proses pembelajaran, contohnya
seperti game edukasi. bahkan game yang akan peneliti rancang sekarang.
Pembuatan game tidak hanya ditujukan sebagai sarana hiburan, tetapi juga untuk
sarana pembelajaran. Dari permasalahan yang ada, peneliti tertarik untuk
merancang game edukasi pengenalan gamelan jawa sebagai media pembelajaran
digital yang baik dan menarik. Hasil penelitian yang dilakukan berupa game
edukasi ?Pengenalan Gamelan Jawa?, didalam game tersebut akan membahas
tentang pengenalan gamelan jawa. Hasil uji coba Blackbox pada game
?Pengenalan Gamelan Jawa? semua berjalan lancar, mulai dari fungsi tombol
dan gameplay.