DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI “KAYANYA KEDIRIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATERI PEMANFAATAN KEKAYAAN DI ALAM INDONESIA KELAS IV DI SDN PUNJUL 1
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Pratiwi, Febianti Susila
AKA, KUKUH ANDRI
WAHYUDI, WAHYUDI
Subject
793 PGSD 
Datestamp
2023-09-27 14:49:37 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa di pada penyampaian materi Tematik tema 9 sub tema 2 pembelajaran 1 masih menggunakan metode teacher centered learning (TCL) dimana guru berperan aktif dalam menyampaikan materi dan siswa hanya fokus menyimak penjelasan guru. Penyampaian materi guru hanya menjelaskan secara verbal dan terpaku pada buku tematik dan buku pedoman siswa (LKS) tidak memanfaatan fasilitas media yang ada. Siswa belum mampu mengidentifikasi pemanfaatan kekayaan alam yang ada di Kediri disebabkan materi terlalu banyak dan siswa tidak memiliki gambaran mengenai bagaimana pemanfaatan kekayaan alam yang ada di Kediri. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana validitas, kepraktisan, serta keefektifan video animasi dengan judul ?Kayanya Kediriku? untuk materi pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia pada siswa kelas IV?, sementara tujuan dari skripsi ini adalah Mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan video animasi dengan judul ?Kayanya Kediriku? untuk materi pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) modifikasi dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Punjul 1. Penelitian ini dilakukan dengan 8 tahapan yaitu, Observasi dan pengumpulan data, Perencanaan, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk/uji coba terbatas, Revisi produk, Uji coba pemakaian/uji coba luas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil validasi media yang memperoleh presentase 92% dan validasi materi mendapat presentase 88% sehingga mendapat hasil rata-rata presentase 90% dapat dinyatakan bahwa media video animasi ?Kayanya Kediriku? dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sesuai dengan saran dan komentar dari para ahli. Media video animasi ?Kayanya Kediriku? dinyatakan praktis dari hasil angket validasi kepraktisan dengan validator/ahli praktisinya adalah guru kelas IV SD Negeri Punjul 1 dan memperoleh rata-rata presentase 95%. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa yang mendapat presentase 91% sehingga media video animasi ?Kayanya Kediriku? dapat dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri