DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI IPA PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS-JENIS MAKANANYA KELAS V SDN KATERBAN 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Pratama, Andika Putra
WENDA, DHIAN DWI NUR
PUTRI, KHARISMA EKA
Subject
110 Natural sciences 
Datestamp
2023-09-27 14:26:44 
Abstract :
Andika Putra Pratama: Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Materi IPA Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Jenis Makanannya Kelas V SDN Katerban 2 Kata Kunci: Video Pembelajaran Berbasis Animasi, Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis- Jenis Makanannya Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi di SDN Katerban 2. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan muncul permasalahan permasalahan yang terjadi yaitu siswa kelas V masih kurangnya memahami materi penggolongan hewan berdasarkan jenis-jenis makananya yang disebabkan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan peneletian adalah peneliti diharakan mampu menghasilkan media pembelajaran, untuk membuktikan kelayakan media pembelajaran yang ditinjau melalui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitiaan ini menggunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Developmen (pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan ada dua yaitu melalui angket dan pos test. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran Video Pembelajaran Berbasis Animasi materi penggolongan hewan berdasarkan jenis-jenis makananya kelasV SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas Video Pembelajaran Berbasis Animasi diperoleh presentase 88%dari ahli media dan ahli materi mendapat skor presentse 88% dapat dikategorikan kriteria ??sangat valid??. (2) Pada hasil uji coba luas angket respon guru memperoleh skor 94% dengan kategori ??sangat praktis?? sedangkan hasil data angket respon siswa pada uji coba luas diperoleh skor 88% keduanya dapat dikategorikan dalam kriteria ??sangat praktis??. (3) Pada uji coba luas hasil pre-test siswa menunjukkan nilai rata-rata 45,4 sedangkan hasil post-test siswa menunjukkan nilai rata-rata 89,7. Uji-T pada pre-test dan post-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 <0,05, maka ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest tentu ada pengaruh penggunaan pengembangan media pembelajaran video pembelajaran berbasis animasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan media pembelajaran video pembelajaran berbasis animasi ??sangat efektif?? digunakan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri