DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BUKUR KABUPATEN KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Panggabean, Rachel Octavina
WAHYUDI, WAHYUDI
WENDA, DHIAN DWI NUR
Subject
610 Social sciences 
Datestamp
2023-09-27 14:07:53 
Abstract :
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan melalui wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri Bukur pada materi keberagaman budaya, ditemukan bahwa saat pembelajaran guru belum memiliki bahan ajar yang mendukung pembelajaran dan berbasis kearifan lokal dalam membantu siswa mengenal apa saja keberagaman budaya lingkungan sekitar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan wawancara bahwa terdapat 11 dari 15 siswa kelas IV yang belum mampu memahami materi keberagaman budaya khususnya provinsi setempat dan masih mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mengetahui bagaimana tingkat kevalidan bahan ajar booklet berbasis kearifan lokal untuk materi keberagaman budaya di kelas IV, (2) Bagaimana keefektifan bahan ajar booklet berbasis kearifan lokal untuk materi keberagaman budaya di kelas IV, (3) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap bahan ajar booklet berbasis kearifan lokal materi keberagaman budaya untuk siswa kelas IV? Berdasarkan latar belakang tersebut munculah beberapa rumusan masalah, yaitu : (1) Bagaimana validitas bahan ajar booklet materi keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri Bukur, (2) Bagaimana efektifitas bahan ajar booklet materi keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri Bukur (3) Bagaimana respon Guru dan Siswa terhadap bahan ajar booklet materi keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri Bukur. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan ADDIE . Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Bukur dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rumus dan kriteria tertentu. Simpulan hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar booklet materi keberagaman budaya sebagai berikut, (1) Bahan Ajar booklet materi keberagaman budaya untuk siswa kelas IV sangat valid karena memperoleh presentase skor 84% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, (2) Bahan Ajar booklet materi keberagaman budaya untuk siswa kelas IV efektif karena hasil ketuntasan belajar siswa memperoleh presentase skor 87% untuk uji coba terbatas dan 93% untuk uji coba luas, dan (3) Bahan Ajar booklet materi keberagaman budaya baik digunakan untuk pembelajaran karena memperoleh presentase skor dari respon guru dan respon siswa sebesar 96,6%. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri