DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK AJAIB PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SDN KRATON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Perdana, Yulia Eka
SANTI, NOVI NITYA
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2023-09-27 14:04:04 
Abstract :
YULIA EKA PERDANA: Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas II SDN Kraton, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil obsevasi di SDN Kraton Kecamatan Mojo yang belum adanya pengembangan media pembelajaran pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian, guru hanya menjelaskan cara penyelesaian soal-soal metematika di papan tulis dan siswa meniru apa yang telah dituliskan oleh gurunya. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan sebuah solusi yaitu sebuah kreatifitas dan inovatif guru dalam pengembangan media. Di sini perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Peneliti ingin mengembangkan satu media yang berbeda walaupun sudah ada. Dari analisi kerja, perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik mudah digunakan dan tidak membosankan yaitu menggunakan media pembelajaran kotak ajaib. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validasi, kepraktisan dan keefektifan media kotak ajaib pada materi operasi hitung perkalain dan pembagian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian menggunakan model ADDIE ini karena memiliki tahapan yang terstruktur serta jelas dalam pelaksanaanya dan mudah untuk dipahami. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kraton, dalam penelitian ini menggunakan instumen yang digunakan adalah angket validasi media, angket validasi materi, lembar respon guru dan soal evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran kotak ajaib adalah sebagai berikut: 1) Hasil validasi media memenuhi kriteria presentase nilai sebesar 88%, validasi materi 86% yang berarti media yang dikembangkan dapat dinyata valid. 2) Hasil Keefektifan dilakukan uji coba terbatas (8 siswa) mengerjakan pre test dengan presentase 75% dan post tes dengan presentase 87,5%. Kemudian untuk uji coba skala luas (19 siswa) mengerjakan pre test dengan presentase 74% dan post tes dengan presentase 89,5%. Sehingga dapat disimpulkan dari kedua uji coba bahwa mengalami kenaikan dari uji coba sebelumnya sehingga dikatakan efektif dan dapat digunakan. Maka media yang dikembangkan dinyatakan efektif. 3) Hasil kepraktisan media kotak ajaib diperoleh dari angket respon guru kelas yang mendapatkan hasil 88% sehingga dapat disimpulkan bahwa media kotak ajaib dinyatakan praktis. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri