DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Maharani, Berlian Putri
PUSPITONINGRUM, ENCIL
RAHMAYANTIS, MARISTA DWI
Subject
740 Language and literature education science 
Datestamp
2023-09-27 14:06:46 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi di SMAN 1 Ngadiluwih masih rendah. Keterampilan menulis, nampaknya perlu mendapatkan perhatian lebih besar daripada ketiga keterampilan lainnya. Agar pembelajaran lebih efektif memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya media pembelajaran animasi. Yang mana dalam media pembelajaran ini ada gambar yang dapat menarik perhatian siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keterampilan menulis paragraaf deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran animasi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (2) Bagaaimanakah keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media pembelajaran animasi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (3) Adakah pengaruh yang signifikan media pembelajaran animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest dan posttest. Seluruh siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media pembelajaran animasi sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t atau t-test. Uji t bertuan untuk mengatahui ada ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media animasi dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih adalah: keterampilan menulis paragraf deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran animasi rendah hal ini dibuktikan dengan hasil KKM dibawah 75 yaitu 73,46 dan keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media pembelajaran animasi dengan hasil KKM yaitu 83,65. Penggunaan media pembelajaran animasi berpengaruh signifikan dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis data statistik interferensial yang menyatakan uji t antara postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen di dapatkan nilai t hitung sebesar 9.174 > t tabel 2.059 pada tabel signifikansi 5% (0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswakelas X SMAN 1 Ngadiluwih. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri