Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Maharani, Berlian Putri
PUSPITONINGRUM, ENCIL
RAHMAYANTIS, MARISTA DWI
Subject
740 Language and literature education science
Datestamp
2023-09-27 14:06:46
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa
keterampilan menulis paragraf deskripsi di SMAN 1 Ngadiluwih masih rendah.
Keterampilan menulis, nampaknya perlu mendapatkan perhatian lebih besar
daripada ketiga keterampilan lainnya. Agar pembelajaran lebih efektif
memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya media pembelajaran
animasi. Yang mana dalam media pembelajaran ini ada gambar yang dapat
menarik perhatian siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keterampilan
menulis paragraaf deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran animasi
pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (2) Bagaaimanakah keterampilan
menulis paragraf deskripsi menggunakan media pembelajaran animasi pada siswa
kelas X SMAN 1 Ngadiluwih? (3) Adakah pengaruh yang signifikan media
pembelajaran animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada
siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan
menggunakan desain pretest dan posttest. Seluruh siswa kelas X SMAN 1
Ngadiluwih berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XA
sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas
tersebut sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel
dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media pembelajaran animasi
sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t atau t-test. Uji t
bertuan untuk mengatahui ada ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen
yang diberi perlakuan menggunakan media animasi dengan kelas kontrol yang
tidak diberi perlakuan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran
keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Ngadiluwih
adalah: keterampilan menulis paragraf deskripsi tanpa menggunakan media
pembelajaran animasi rendah hal ini dibuktikan dengan hasil KKM dibawah 75
yaitu 73,46 dan keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media
pembelajaran animasi dengan hasil KKM yaitu 83,65. Penggunaan media
pembelajaran animasi berpengaruh signifikan dengan keterampilan menulis
paragraf deskripsi. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis data statistik
interferensial yang menyatakan uji t antara postest kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen di dapatkan nilai t hitung sebesar 9.174 > t tabel 2.059 pada tabel
signifikansi 5% (0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi pada
siswakelas X SMAN 1 Ngadiluwih.