Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Elviana, Sheila Rossa
DAMARISWARA, RIAN
MUJIWATI, ENDANG SRI
Subject
700 Media science
Datestamp
2023-09-27 13:59:25
Abstract :
ABSTRAK
Sheila Rossa Elviana. Pengembangan Media Pembelajaran Flow Chart Materi
Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN 1 Bono
Kata Kunci: Pengembangan, Flow Chart, Penelitian Pengembangan R & D
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di kelas
V SDN 1 Bono materi siklus air, ditemukan masalah bahwa guru dalam
menyampaikan materi siklus air tidak menggunakan media pembelajaran hanya
menggunakan media buku paket, siswa kesulitan menganalisis materi siklus air
karena dalam penyamaian materi siklus air kurang jelas, pada saat guru
menyampaikan materi dengan metode ceramah, siswa hanya diam dan ada yang
bermain, ngobrol dengan teman sebangkunya. Permasalahan Penelitian ini adalah
(1) Bagaimana kevalidan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V
SDN 1 Bono? (2) Bagaimana kepraktisan media flow chart materi siklus air untuk
siswa kelas V SDN 1 Bono? (3) Bagaimana keefektifan media flow chart materi
siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono?
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan media flow
chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono (2) untuk mengetahui
kepraktisan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono (3)
untuk mengetahui keefektifan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas
V SDN 1 Bono.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development
(R&D) denga model ADDIE ( Analyze, Design. Development, Implementation,
dan Evalution). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Bono.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kevalidan media pembelajaran
flow chart memperoleh rata-rata persentase sebesar 87% dinyatakan sangat sangat
valid dan dapat digunakan (2) hasil respon guru pada media pembelajaran flow
chart dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase 96%, yang menunjukkan
vii
media pembelajaran flow chart sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan
pembelajaran. Kemudian hasil respon siswa pada media pembelajaran flow chart
juga dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase , yang menunjukkan media
pembelajaran flow chart sangat baik untk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
(3) keefektifan media pembelajaran flow chart dinyatakan sangat efektif dalam
pembelajaran karena ketuntasan belajar siswa pada post test pada uji terbatas yaitu
88% dan hasil belajar siswa pada post test uji luas 91%.