DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOW CHART MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V SDN 1 BONO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Elviana, Sheila Rossa
DAMARISWARA, RIAN
MUJIWATI, ENDANG SRI
Subject
700 Media science 
Datestamp
2023-09-27 13:59:25 
Abstract :
ABSTRAK Sheila Rossa Elviana. Pengembangan Media Pembelajaran Flow Chart Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN 1 Bono Kata Kunci: Pengembangan, Flow Chart, Penelitian Pengembangan R & D Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN 1 Bono materi siklus air, ditemukan masalah bahwa guru dalam menyampaikan materi siklus air tidak menggunakan media pembelajaran hanya menggunakan media buku paket, siswa kesulitan menganalisis materi siklus air karena dalam penyamaian materi siklus air kurang jelas, pada saat guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, siswa hanya diam dan ada yang bermain, ngobrol dengan teman sebangkunya. Permasalahan Penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono? (2) Bagaimana kepraktisan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono? (3) Bagaimana keefektifan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono? Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono (2) untuk mengetahui kepraktisan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono (3) untuk mengetahui keefektifan media flow chart materi siklus air untuk siswa kelas V SDN 1 Bono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) denga model ADDIE ( Analyze, Design. Development, Implementation, dan Evalution). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Bono. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kevalidan media pembelajaran flow chart memperoleh rata-rata persentase sebesar 87% dinyatakan sangat sangat valid dan dapat digunakan (2) hasil respon guru pada media pembelajaran flow chart dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase 96%, yang menunjukkan vii media pembelajaran flow chart sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian hasil respon siswa pada media pembelajaran flow chart juga dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase , yang menunjukkan media pembelajaran flow chart sangat baik untk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (3) keefektifan media pembelajaran flow chart dinyatakan sangat efektif dalam pembelajaran karena ketuntasan belajar siswa pada post test pada uji terbatas yaitu 88% dan hasil belajar siswa pada post test uji luas 91%. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri