DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN BANJAREJO 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Hidayati, Yulinda Rohmatika
ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA
NURMILAWATI, MUMUN
Subject
741 Language, indonesian and regional literature education 
Datestamp
2023-09-27 13:56:34 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi, bahwa terdapat 58% yang memiliki kemampuan dan minat belajar yang rendah karena mengalami kesulitan dalam membaca. Guru masih mengajarkan siswa yang belum lancar membaca dengan menggunakan media kartu huruf dan bahan ajar berupa teks bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2. (2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2. (3) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada siswa kelas 1 SDN Banjarejo 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Banjarejo 2. Uji coba yang dilakukan dalam penelitian ini adalah skala terbatas tehadap 7 siswa kelas I SDN Banjarejo 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta angket keefektifan. Hasil penelitian (1) Kevalidan bahan ajar berupa buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja memperoleh hasil validasi ahli bahan ajar dengan presentase 85% dan hasil validasi ahli materi dengan presentase 80%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari kedua validasi tersebut adalah 82% dan dapat dikategorikan sangat valid dan dapat diguakan. (2) Kepraktisan bahan ajar berupa buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja memperoleh hasil dari respon guru dengen presentase 90% dan respon siswa dengan presentase 98%. Hasil rata-rata yang diperoleh adalah 94% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan. (3) Keefektifan bahan ajar berupa buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja pada uji coba terbatas melalui post test diperoleh rata-rata 85 dengan kategori sangat efektif untuk digunakan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berupa buku suplemen belajar membaca tanpa mengeja untuk meningkatkan kemampuan membaca layak untuk digunakan serta memenuhi kiteria untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memperoleh hasil positif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri