DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMENGGENG TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Maretha, Anesti Dian
ZAMAN, WAHID IBNU
NURMILAWATI, MUMUN
Subject
720 Social science education 
Datestamp
2020-08-24 05:49:52 
Abstract :
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan pembelajaran direct instruction pada siklus I siswa kelas V SD Negeri 1 Gemenggeng tahun ajaran 2019/2020. 2) mengetahui kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan pembelajaran direct instruction pada siklus II siswa kelas V SD Negeri 1 Gemenggeng tahun ajaran 2019/2020. 3) menganalisis peningkatan kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan penerapan pembelajaran direct instruction pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gemenggeng tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1). Pada siklus 1 siswa kelas V SD Negeri 1 Gemenggeng tahun ajaran 2019/2020, kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 68,33 dari jumlah siswa 16, hanya 2 siswa yang berhasil mencapai KKM sedangkan 14 siswa belum mencapai KKM, sehingga persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 12,5%. 2). Pada siklus II siswa kelas V SD Negeri 1 Gemenggeng tahun ajaran 2019/2020, sudah maksimal. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 82,19 dari jumlah 16 siswa, 13 siswa yang sudah mencapai KKM, sedangkan 3 siswa yang belum mencapai KKM, dengan persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 81,25%. Kata kunci: model direct instruction, menghargai keragaman suku dan budaya 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri