DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK KELAS IV SDN SUKOHARJO 3
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Fitriawati, Fitriawati
ZAMAN, WAHID IBNU
WIGUNA, FRANS ADITIA
Subject
709 Product design 
Datestamp
2023-09-27 13:36:17 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Sukoharjo 3 kabupaten Nganjuk tepatnya pada kelas IV pada materi kegiatan ekonomi masih ada kendala saat pembelajaran dikelas yaitu saat menyampaikan materi guru kurang menerapkan media pembelajaran, guru hanya menggunkan media power point dengan tampilan yang sangat sederhana dan menggunakan buku paket serta buku siswa, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan jenuh. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu siswa memperoleh nilai antara 60 sampai 70. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada materi kegiatan ekonomi untuk kelas IV SDN Sukoharjo 3? (2)Bagaimana kepraktisan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada materi kegiatan ekonomi untuk kelas IV SDN Sukoharjo 3 ? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada materi kegiatan ekonomi untuk kelas IV SDN Sukoharjo 3 ? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran ular tangga pada materi kegiatan ekonomi kelas IV sekolah dasar guna diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran ular tangga telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Media Pembelajaran Ular tangga divalidkan oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 87%, dan validasi ahli materi pertama memperoleh hasil 44% setelah dilakukan revisi ahli materi memperoleh hasil 92%. Berdasarkan persentase menurut Akbar (2015:78) maka Media Pembelajaran Ular Tangga dinyatakan sangat valid untuk digunakan. (2) Media Pembelajaran Ular Tanga diuji kepraktisannya melalui angket guru dan siswa. Hasil angket dari guru yaitu 92%, sedangkan hasil angket siswa yaitu 89%. Yang dikategorikan sangat praktis untuk digunakan. (3) Media Pembelajaran Ular Tangga diuji kefektifannya melalui soal post dengan hasil uji coba terbatas yaitu 87%, sedangkan uji coba luas memperoleh hasil 91%. Berdasarkan hasil nilai post test banyak siswa yang memperoleh nilai rata-rata diatas KKM. Sehingga Media Pembelajaran Ular Tangga dikategorikan sangat efektif untuk digunakan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri