DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN BULUKAGUNG 1
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Ratnaningtyas, Dwi
AKA, KUKUH ANDRI
WAHYUDI, WAHYUDI
Subject
700 Media science 
Datestamp
2023-09-27 13:28:54 
Abstract :
Mayoritas siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit serta kurangnya pemahaman kosep pada materi volume bangun ruang. Hal ini disebabkan Guru yang tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan buku teks. Kegiatan pembelajaran tersebut kurang efektif untuk diterapkan sehingga hasil belajar siswa belum mampu mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kevalidan multimedia interaktif pada materi volume bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bulukagung 1. 2) Mengetahui tingkat kepraktisan multimedia interaktif pada materi volume bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bulukagung 1. 3) Mengetahui keefektifan multimedia interaktif pada materi volume bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bulukagung 1. Penelitian pengembangan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada materi volume bangun ruang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) tahap analisis (analysis), 2) tahap desain (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), 5) tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas 5 SDN Bulukagung 1Teknik pengumpulan data dengan cara angket, wawancara, tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa multimedia interaktif ini sangat valid dengan rata-rata presentase 87,73%, sangat praktis dengan rata-rata presentase 88,5%, sangat efektif dengan rata-rata 82 dengan ketuntasan klasikal 90%. Selain itu, besarnya skor N-gain yang diperoleh adalah 0,701 dengan klasifikasi tinggi dan dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada materi volume bangun ruang sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa kelas 5 SDN Bulukagung 1. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri