DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODEL MODUL AJAR MENGKONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Rohmatin, Nabila
SUJARWOKO, SUJARWOKO
PUSPITONINGRUM, ENCIL
Subject
512 Indonesian literature (and language) 
Datestamp
2023-09-27 13:18:06 
Abstract :
Penelitian ini mendeskripsikan pengembangan modul ajar teks eksposisi dengan metode Mind Mapping. Penelitian bertujuan mendeskripsikan karakteristik, prinsip pengembangan, dan menguji keefektifan model modul ajar untuk mengkontruksi teks eksposisi dengan mengggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kevalidan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi. Hasil validasi yang dilakukan adalah penilian dari dosen ahli materi dan guru bahasa Indonesia. Kedua, kepraktisan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi, kepraktisan dilakukan dengan pengisian angket respon siswa selama tahap evaluasi. Ketiga, keefktifan model modul ajar menggunakan metode Mind Mappping untuk mengkontruksi teks eksposisi. Keefektivan modul ajar yang dikembangkan dapat dinilai melalui presentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari nilai-nilai post-test, pada tahap evaluasi. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri