Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
ROKHIMAH, ELFI DWI
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
SANTI, NOVI NITYA
Subject
793 PGSD
Datestamp
2023-09-27 11:24:07
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa guru Ketika
kegiatan pembelajaran terutama pada pepelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Dasar masih menggunakan metode ceramah dan hanya terpacu pada buku lembar
kerja siswa dan buku paket. Guru kurang memanfaatkan media yang tepat dalam
menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga siswa kurang tertarik dengan mata
pelajaran Bahasa Indonesia dan mengakibatkan hasil belajar siswa kurang
maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangan media komik cerita anak
untuk meningkatkan kompetensi membaca pada siswa kelas IV SDN Mrican 1. (2)
Mengetahui kelayakan media komik cerita anak sebagai media kegiatan literasi. (3)
Mengetahui seberapa efektifnya media komik cerita anak sebagai media kegiatan
literasi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) yang menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu (1) Analisis,
(2) Desaian, (3) Pengembangan, (4) Penerapan, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini
siswa kelas IV SDN Mrican 1. Pada penelitian ini menggunakan uji coba terbatas
dan uji coba luas. Penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yaitu teknik
analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif
diperoleh dari validasi media, dan perangkat pembelajaran. Sedangkan analisis data
kuantitatif diperoleh dari hasil skor validasi media dan perangkat pembelajaran.
Pengembangan ini menghasilkan produk berupa media komik cerita anak.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media komik cerita anak dinyatakan valid
dan dapat digunakan karena memperoleh hasil validasi media sebesar 84% dan hasil
validasi perangkat pembelajaran memperoleh nilai 78%. (2) Media komik cerita
anak dinyatakan efektif karena memperoleh hasil 90% pada uji coba terbatas dan
memperoleh hasil 85% pada uji coba luas yang berarti media komik dinyatakan
efektif. Pada angket respon siswa dan guru memperoleh hasil sebesar 90% yang
berarti media komik dinyatakan valid dan sangat efektif. (3) Media komik cerita
anak memperoleh respon baik pada siswa dengan hasil 97,85% pada uji coba
terbatas sementara pada uji coba luas memperoleh hasil 97,50% yang berarti
mendapat respon sangat baik dari siswa.