Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Damayanti, Ghea Natasha
SANTI, NOVI NITYA
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
Subject
721 Pancasila and civic education
Datestamp
2023-09-27 13:07:41
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman bahwa Guru
SD Negeri Jamsaren 1 Kota Kediri berhasil menerapkan Pendidikan Karakter di
kelas 4. Sehingga dapat menciptakan siswa yang memiliki karakter yang baik
sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari karakter siswa
selama melaksanakan kegiatan di sekolah, kerjasama antar pihak sekolah, orang
tua siswa, dan pihak diluar sekolah, seperti masyarakat dan pihak terkait.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi
pendidikan karakter dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami
selama menerapkan pendidikan karakter di kelas 4 SD Negeri Jamsaren 1 Kota
Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek siswa
kelas 4. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu observasi di lapangan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Guru kelas 4 memberikan penguatan
nilai-nilai pendidikan karakter melalui pemberian pengertian makna dan
membimbing siswa dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter seperti
religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas saat maupun diluar
pembelajaran. Guru bekerja sama dengan berbagai pihak seperti warga sekolah,
orang tua siswa, dan pihak di luar sekolah.