Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Peli Dolu, Yesmina
Budiretnani, Dwi Ari
Primandiri, Poppy Rahmatika
Subject
771 Biology education
Datestamp
2020-08-25 07:21:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Diskusi Siswa (LDS) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu : analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LDS dinyatakan layak dengan hasil validasi ahli materi rata-rata sebesar 86%, validasi desain rata-rata sebesar 88% dan praktisi rata-rata sebesar 91%. Berdasarkan uji coba skala kecil persentase rata-rata skor angket respon siswa terhadap LDS model NHT sebesar 78% dengan kategori ?baik?. Ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan LDS model NHT rata-rata sebesar 83,7% yang menunjukkan bahwa LDS model NHT efektif dan layak dijadikan sebagai bahan ajar untuk SMA.