Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nasir, Muhammad
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
ZAMAN, WAHID IBNU
Subject
700 Media science
Datestamp
2023-09-27 12:56:32
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan mewawancarai
guru kelas IV dan melakukan pengamatan pada Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda
(MIMH) Kaliboto pada kelas IV ditemukan bahwa pada proses pembelajaran masih
perpusat pada guru (teacher center) dan masih menggunakan media sederhana yaitu
kertas bergambar ketika mengajar.
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran rapatar/papan pintar materi
sumber energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini adalah
menggunakan penelitian pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini
dikembangkan berdasarkan 5 tahapan model penelitian ADDIE yaitu, 1) Tahap
analisis (analysis), 2) Tahap perancangan (design), 3) Tahap Pengembangan
(development), 4) Tahap implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation).
Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran rapatar/papan pintar
materi sumber energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran
rapatar/papan pintar ini sudah divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli
media, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan validasi materi
memperoleh skor 94%, sedangkan validasi media memperoleh skor 86%.
Berdasarkan jumlah nilai akhir dari validasi materi dan validasi media diperoleh
presentase 90%, sehingga dari dua validasi materi dan validasi media berada pada
rentang 81,00%-100,00% dengan kriteria validitas masuk dalam kategori sangat
valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan dari angket respon
guru memperoleh presentase skor 90% dan angket respon siswa uji coba terbatas(20
siswa) memperoleh presentase skor 96%, dan angket respon siswa uji coba luas (41
siswa) memperoleh presentase 93%, sehingga terletak pada rentang presentase
81,00%-100,00% dengan kriteria kepraktisan masuk dalam kategori sangat praktis
dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan media rapatar dalam ketuntasan
pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori
sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 85% tuntas dalam soal posttes.
Berdasarkan hasil yanggdiperoleh bahwa media rapatar yang dikembangkan
dinyatakannvalid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung
proses pembelajaran.
Simpulan dari hasil penelitian ini, bahwa pengembangan media pembelajaran
rapatar/papan pintar materi sumber energi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif
digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan Media pembelajaran, Rapatar, Sumber Energi