DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REALIA SIDARA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Endriaswedi, Petricia Brevi
SAIDAH, KARIMATUS
WENDA, DHIAN DWI NUR
Subject
771 Biology education 
Datestamp
2023-09-27 12:53:00 
Abstract :
Diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi sistem peredaran daarah manusia. Terdapat permasalahan yang dihadapi guru dan siswa antara lain, Pembelajaran masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah , siswa belum diberikan kesempatan secara langsung untuk mempelajari atau melihat apa yang mereka pelajari berdasarkan pengalaman dan benda yang konkrit, media yang digunakan oleh guru masih terbatas hanya berupa gambar sehingga siswa masih kesulitan memahami alur peredaran darah manusia, Guru kesulitan jika harus membuat media visual pada materi sistem peredaran darah karena keterbatasan waktu, kurangnya pendekatan keterampilan proses yang dapat memuat siswa menemukan fakta-fakta, hasil belajar siswa rendah dengan rata-rata 39,23 yang dilakukan melalui pretest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kevalidan dari media realia sidara pada siswa kelas V di SDK Yohanes Gabriel Puhsarang dan SDN Kanyoran 3, 2) kepraktisan media realia sidara pada siswa kelas V di SDK Yohanes Gabriel Puhsarang dan SDN Kanyoran 3, 3) keefektifan dari media realia sidara pada siswa kelas V di SDK Yohanes Gabriel Puhsarang dan SDN Kanyoran 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan dalah ADDIE yang meliputi analyse, design, development, implementation, evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif. Validasi produk yang dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba terbatas dan luas. Subjek dari uji terbatas sebanyak 15 siswa dari SDK Yohanes Gabriel Puhsarang dan uji coba luas sebanyak 26 siswa gabungan dari SDK Yohanes Gabriel Puhsarang dan SDN Kanyoran 3. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan test. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji-T dan KKM. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil Produk berupa media realia sidara menunjukkan kevalidan sebesar 86,66%, kepraktisan sebesar 88,88%, dan keefektifan sebesar 91,34%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media realia sidara ini dangat layak dogunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah manusia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Kelebihan dari produk media realia sidara ini yaitu, Lebih kuat dan tahan lama karena menggunakan kanvas sebagai papan, 2) organ dilaminating sehingga tidak mudah sobek atau hancur , 3) Aliran darah menggunakan selang terlihat jelas. Kelemahan 1) air (darah) belum dapat mengalir otomatis, 2) jika terkena air berwarna (darah) papan yang terbuat dari kain (kanvas) akan menjadi berwarna juga. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri