DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN ANGKET HABITS OF MIND MATHEMATIC (KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Suwenter, Ariemathea Ayu
WIDODO, SURYO
KATMININGSIH, YUNI
Subject
709 Product design 
Datestamp
2023-09-27 12:35:29 
Abstract :
Kebiasaan berpikir merupakan ciri khas siswa, khususnya dalam pemecahan masalah pasti akan memunculkan pemikiran-pemikiran baru. Terdapat berbagai jenis materi pembelajaran matematika, salah satunya yang akan digali dan dikembangkan dari penilaian sebelumnya yaitu tes berpikir matematika. Menurut Costa dan Kallick (2008), ada 16 kebiasaan mental. Hal ini diteliti dan dikembangkan menjadi 4 kebiasaan berpikir matematis, yaitu: (i) bertahan atau tidak pernah menyerah, (ii) selaras dengan metakognisi, (iii) bertanya dan bertanya, dan (iv) menerapkan pengetahuan lama pada situasi baru. Mengisi kuesioner menggunakan model 4D secara bertahap, antara lain: mendefinisikan (define), mendesain (design), mengembangkan (develop), menyebarluaskan (deploy). Hasil pendistribusian surat suara kepada 160 siswa, khususnya bertahan/pantang menyerah sebanyak 46% siswa, mengelola metakognisi sebanyak 8% siswa, bertanya & pemecahan masalah hingga 22% siswa dan kebiasaan berpikir matematis menggunakan pengetahuan lama untuk situasi baru hingga 24% siswa. Jadi rata-rata kebiasaan berpikir matematis atau kebiasaan pikiran matematis adalah bertahan/pantang menyerah. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri