DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KONTEKS SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Kafabihi, Ahmad Muchsin
KATMININGSIH, YUNI
WIDODO, SURYO
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2023-09-27 12:31:09 
Abstract :
Pendidikan di Indonesia saat ini masih menggunakan buku paket sebagai bahan ajarnya. Disisi lain peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep, merumuskan masalah dan menafsirkan konteks dunia nyata ke dalam matematika. Pada kenyataannya buku teks matematika yang digunakan di sekolah saat ini masih banyak memiliki kelemahan, salah satunya yaitu hanya ada sebagian kecil soal uji kompetensi dalam buku teks matematika yang dikategorikan soal kontekstual. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis soal kontekstual pada buku teks matematika kurikulum 2013 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI. Penelitian ditinjau berdasarkan indikator soal kontekstual yaitu, personal, akademik, sosial, dan saintifik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Terdapat 177 soal yang dianalisis pada penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Soal kontekstual yang ada menurut indikatornya, terdapat 6 soal konteks personal (3,38%), 0 soal konteks akademik (0%), 15 soal soal konteks sosial (8,47%), 6 soal konteks saintifik (3,38%). Sedangkan sebanyak 150 soal (84,74%) bukan merupakan soal kontekstual. Berdasarkan kategorinya soal yang tidak ada konteks sebanyak 150 soal (84,75%), Kamuflase 14 soal (7,90%) dan Relevan (13 soal atau 7,34%). 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri