DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Instrumen Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Berbasis Kontekstual
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Saputra, Alib Nurhadi
WIDODO, SURYO
NURFAHRUDIANTO, AAN
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2020-08-24 15:45:45 
Abstract :
Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari peringkat Indonesia berdasarkan hasil TIMSS pada tahun 2018. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan memberikan penguatan kemampuan siswa, salah satu upaya yang dilakukan dengan membekali siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan soal-soal HOTS Berbasis Kontekstual. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan berfikir tingkat tinggi berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer. Pengembangan dengan model ini dilakukan dalam dua tahap, yakni: 1) tahap preliminary dan 2) tahap evaluasi formativ. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi soal. Hasil pengembangan ini adalah 12 butir soal matematika HOTS berbasis kontekstual kelas X dengan validitas sangat tinggi. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri