PENGEMBANGAN PERMAINAN DAM QUIZ SEBAGAI SARANA KETERBUKAAN DIRI UNTUK SISWA SMP ISLAM AL HUDA LAMONGAN Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Mapala, Pewi Pike SETYAWATI, SRI PANCA KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-09-27 12:13:37
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena keterbukaan diri siswa rendah sehingga enggan untuk
mengungkapkan diri. Kondisi tersebut mengakibatkan guru Bimbingan dan Konseling berupaya membantu siswa
untuk mengatasinya dengan memberi nasihat atau bimbingan secaa konvensional/tadisional. Namun upaya
tersebut kuang efektif yang salah satu sebabnya adalah tidak menggunakan media yang inovatif dan menarik.
Upaya yang dilakukan Tujuan penelitian adalah menghasilkan media layanan BK Dam Quiz untuk meningkatkan
keterbukaan diri siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE dengan tiga tahap:
Analysis, Design, dan Development. Hasil analisis data berdasar penilaian validator ahli materi, ahli media, dan
pengguna (guru BK) menunjukkan validitas sangat tinggi sehingga permainan Dam-Quiz layak digunakan oleh
guru Bimbingan dan Konseling sebagai media layanan bagi siswa yang mengalami masalah keterbukaan diri
rendah.