DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF RAMAH ANAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 BLITAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Ilham Fuad Sujatmiko, Ilham Fuad Sujatmiko
ATRUP, ATRUP
LAELATUL AROFAH, LAELA
Subject
791 Special education 
Datestamp
2023-09-27 12:08:55 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti pada sistem pengelolaan yang ada di SMP Muhammadiyah 2 Blitar yang berbeda dengan sekolah lain karena sekolah berbasis pondok dan satu atap dengan panti asuhan yang tidak membedakan anak dari latar belakang dan status sosial serta mau memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana: (1) perencanaan pendidikan inklusif ramah anak di SMP Muhammadiyah 2 Blitar, (2) proses penerapan pendidikan inklusif ramah anak di SMP Muhammadiyah 2 Blitar, (3) evaluasi pendidikan inklusif ramah anak di SMP Muhammadiyah 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interaktif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Guru BK selaku koordinator inklusif dan Wali Kelas selaku guru pendamping khusus di SMP Muhammadiyah 2 Blitar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun perencanaan berupa program kerja guru pendamping khusus yang berisi agenda kegiatan-kegiatan siswa berkebutuhan khusus selama satu tahun. Proses penerapan meliputi tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum yang digunakan serta sarana prasarana untuk sekolah inklusif ramah anak. Evaluasi pendidikan inklusif ramah anak di SMP Muhammadiyah 2 Blitar dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum penerimaan raport. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan sekolah perlu membangun kerjasama dengan tenaga ahli sebagai upaya peningkatankan layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus dan perlu diberikannya pelatihan modifikasi kurikulum kepada guru-guru di sekolah agar mampu memberikan modifikasi-modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan seta kemampuan masing-masing siswa berkebutuhan khusus. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri