DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERBUKAAN DIRI BERBASIS MEDIA PERMAINAN DAM QUIZ PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Salsabila, Icha Anindya Vania
NINGSIH, RISANIATIN
KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH
Subject
803 Guidance and counseling 
Datestamp
2023-09-27 12:06:47 
Abstract :
Keterbukaan diri sangat diperlukan untuk membangun hubungan interpersonal dengan individu lainnya. Dalam proses adaptasi dengan lingkungan sosial, seseorang harus mau untuk membuka diri sehingga kehadirannya dapat diterima dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Islam Al Huda Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D. Uji coba dilaksanakan terhadap 47 orang peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Aspek keterbukaan diri yang diukur dalam instrumen antara lain: keadaan emosional, hubungan interpersonal, pribadi, rasa/selera, seks, pemikiran, agama, masalah, dan pendidikan. Hasil analisis data ini bermakna bahwa instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP dapat dinyatakan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan oleh guru BK serta peneliti BK untuk mengukur tingkat keterbukaan diri peserta didik. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri