Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Salsabila, Icha Anindya Vania
NINGSIH, RISANIATIN
KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-09-27 12:06:47
Abstract :
Keterbukaan diri sangat diperlukan untuk membangun hubungan interpersonal dengan individu lainnya.
Dalam proses adaptasi dengan lingkungan sosial, seseorang harus mau untuk membuka diri sehingga
kehadirannya dapat diterima dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan
memvalidasi instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP. Penelitian pengembangan ini
dilaksanakan di SMP Islam Al Huda Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
R&D. Uji coba dilaksanakan terhadap 47 orang peserta didik dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Aspek keterbukaan diri yang diukur dalam instrumen antara lain: keadaan emosional,
hubungan interpersonal, pribadi, rasa/selera, seks, pemikiran, agama, masalah, dan pendidikan. Hasil
analisis data ini bermakna bahwa instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP dapat
dinyatakan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan oleh guru BK serta peneliti BK untuk
mengukur tingkat keterbukaan diri peserta didik.