Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Prasetyo, Aprisa Rizky
WIDODO, DANANG WAHYU
PAMUNGKAS, DANAR PUTRA
Subject
709 Product design
Datestamp
2023-09-27 12:04:17
Abstract :
Perkembangan teknologi terkini, terutama di bidang Artificial Intelligence
(AI), telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk
pendidikan. Dalam konteks pendidikan, game edukasi telah menjadi metode yang
efektif untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang
menggunakan AI dengan pendekatan Markov State Chain dan menerapkan teknik
Collision detection menggunakan algoritma Fisher-Yates.
Pendekatan Markov State Chain digunakan untuk mengimplementasikan
perilaku yang adaptif dalam game. Sistem ini memungkinkan perubahan dinamis
berdasarkan tindakan pemain sebelumnya, sehingga game dapat merespons dengan
konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran setiap
pemain.Teknik Collision detection menggunakan algoritma Fisher-Yates
digunakan untuk mengoptimalkan pengelolaan objek dalam lingkungan game. Hal
ini memastikan efisiensi dan akurasi dalam mendeteksi interaksi antara objek-objek
di dalam permainan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Artificial
Intelligence dengan pendekatan Markov State Chain memberikan pengalaman
bermain yang lebih menarik dan adaptif bagi pemain, sementara teknik Collision
detection menggunakan algoritma Fisher-Yates mengoptimalkan kinerja game
dengan pengelolaan objek yang lebih efisien. Game edukasi yang dikembangkan
ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menyediakan
pengalaman bermain yang menyenangkan sambil tetap mengedepankan konten
pendidikan yang relevan dan informatif. Penggunaan teknologi AI dalam game
edukasi ini juga dapat memberikan inspirasi dan pedoman bagi pengembangan
game edukasi yang lebih canggih dan interaktif di masa depan.