DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Andayani, Wida Oktavia
AKA, KUKUH ANDRI
SAIDAH, KARIMATUS
Subject
793 PGSD 
Datestamp
2023-09-27 10:47:02 
Abstract :
Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan di SDN Wates Kabupaten Kediri, pada kelas V bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan ceramah yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran guru yang hanya satu arah, media pembelajaran yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik anilisi data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Wates Kecamatan Wates sebanyak 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap uji coba yaitu, uji coba terbatas dilakukan oleh 5 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 23 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli media pembelajaran mendapatkan persentase 82% dan validasi materi memperoleh persentase 88%, sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan persentase 92% dan hasil angket respon siswa dengan persentase 94% dari uji terbatas dengan kriteria praktis sehingga digunakan tanpa perbaikan. Hasil respon guru dengan persentase 92% dan hasil angket respon siswa diperoleh persentase 95% dari uji coba luas dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan didapatkan dari uji coba terbatas soal evaluasi, media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang diperoleh nilai hasil belajar siswa dari uji coba terbatas (5 siswa) dan uji coba luas (23 siswa) dengan jumlah keseluruhan 28 siswa memperoleh hasil rata-rata 85 untuk skala terbatas dan 86 untuk skala luas, sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri