DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PEMBELAJARAN RODA BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN LIRBOYO 2 KOTA KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wulandari, Ayu Oki
Wiguna, Frans Aditia
Zunaidah, Farida Nurlaila
Subject
791 Special education 
Datestamp
2023-09-27 11:42:13 
Abstract :
Abstrak Ayu Oki Wulandari: Pengembangan Media Pembelajaran Roda Bangun Datar Pada Siswa Kelas I SDN Lirboyo 2 Kota Kediri, skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Roda Bangun Datar Pada Siswa Kelas I Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil berupa observasi di salah satu sekolah dasar yang diketahui bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga pemahaman pada materi matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang kurang dipahami. Maka perlu adanya media edukatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang. Permasalahan dalam penelitian meliputi: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran roda bangun datar dalam pembelajaran matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas I Sekolah Dasar? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran roda bangun datar dalam pembelajaran matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas I Sekolah Dasar? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran roda bangun datar dalam pembelajaran matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas I Sekolah Dasar?. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan menggunakan media pembelajaran roda bangun datar pada materi mengenal bangun datar dan bangun ruang mata pelajaran matematika di kelas I. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek yang dilakukan penelitian adalah siswa kelas I SDN Lirboyo 2 dengan 27 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan Teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif untuk pengelolah data dari saran oleh validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa dengan menggunakan rumus. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran roda bangun datar pada mata pelajaran matematika mengenal bangun datar dan bangun ruang siswa kelas I SDN Lirboyo 2, bertujuan untuk memberikan motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan pada kevalidan dibuktikan oleh ahli materi diperoleh dengan hasil rata-rata 82,9 (dikategorikan sangat valid) dan ahli media diperoleh dengan hasil rata-rata 88 (dikategorikan sangat valid), respon guru diperoleh dengan hasil ratarata 91 (dikategorikan sangat praktis) dan respon siswa diperoleh dengan hasil rata-rata 92 (dikategorikan sangat praktis). Untuk ketuntasan dalam pembelajaran secara klaksikan diperoleh dengan hasil rata-rata 81. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri