DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN TEKNIK VIDEO EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
PRIAMBODO, AWANG
SETYAPUTRI, NORA YUNIAR
HANGGARA, GURUH SUKMA
Subject
803 Guidance and counseling 
Datestamp
2023-09-27 11:40:13 
Abstract :
Berdasarkan hasil observasi di SMK Muhammadiyah 2 Kediri pada masa pandemi menunjukkan minimnya motivasi belajar. Ditandai dengan contoh jarang mengerjakan tugas yang dibebankan, tidak mengumpulkan tugas ke sekolah dan jarang online saat PJJ. Minimnya motivasi membuat siswa tidak memahami pembelajaran maka dari itu diperlukannya media pembelajaran yang mendukung Teknik Video Edukasi merupakan teknik media yang menggunakan visual sebagai pesan agar memudahkan pengguna dalam memahami apa yang akan dilakukan dan dapat sebagai tutorial dalam media pembelajaran, dalam masa sekarang video sangat mudah diakses melalui smartphone karena setiap siswa pasti memiliki. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pre eksperimen one group pretest-posttest. Jenis sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek diambil dari siswa kelas X TKJ dengan jumlah 8 siswa dan XII TKJ dengan jumlah 10 siswa dari SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Penelitian ini juga menggunakan instrumen skala motivasi belajar siswa. Pengujian data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 20.0 Berdasarkan analisis data diketahui pada uji T nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05 dengan thitung 15.679 > ttabel 1,739 terdapat perbedaan atara sebelum dan sesudah diberikan treatmen maka Ha diterima yang dimana penggunaan teknik video edukasi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dengan diterimanya hipotesis dan ada peningkatan rerata dari 65,3 menjadi 92,7. Nilai rerata dari kategori motivasi rendah pada pre-test meningkat menjadi kategori motivasi sedang pada post-test. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan perlakuan berupa penggunaan video edukasi, terbukti bahwa media video edukasi memudahkan siswa untuk memahami materi dan dapat memberikan semangat pada siswa 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri