Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
AJI, NOVITA DEWI
SETYAPUTRI, NORA YUNIAR
GUMILANG, GALANG SURYA
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-09-27 11:36:10
Abstract :
Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi hasil wawancara dengan
guru BK dan juga observasi yang dilakukan peneliti, yang
menunjukkan bahwa banyak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kediri
memiliki rasa percaya diri karir kurang/rendah. Hal ini dijelaskan oleh
guru BK bahwa masih banyak ditemukan siswa malu apabiladisuruh
guru maju kedepan kelas, tidak percaya dengan kemampuan yang
dimiliki, dan muncul rasa minder ketika menyampaikan karir yang
diinginkan, serta tidak berani berpendapat di depan banyak orang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan milik Borg
and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dimana yang sebelumnya 10
tahap pengembangandari Borg and Gall, menjadi 8 tahap yaitu,
tahap (1) pengumpulan informasi,tahap (2) melakukan perencanaan,
tahap (3) pengembangan draf produk, tahap (4)uji coba lapangan awal
(Dosen), tahap (5) merevisi hasil uji coba, tahap (6) uji cobaguru BK,
(7) hasil uji coba guru BK (8) tahap akhir, dalam tahap akhir
makaproduksiap untuk digunakan setelah dilakukan berbagai revisi.
Serta di uji validitasnya, dimana hasil 8 tahap penelitian ditemukan
hasil penilaian kemudian di uji validitas untuk mengetahui tingkat
kelayakan produk.
Penelitian yang telah dilakukan ini, menghasilkan produk yaitu sebuah
media Truth Or Dare (TOD) untuk meningkatkan percaya diri karir
siswa. Produk ini terdiri dari: (1) kartu truth or dare, (2) koin, (3) buku
panduan, (4) kotak media dan sudah melalui uji ahli materi, uji ahli
media, dan uji calon pengguna. Berdasarkan dari hasil interval ahli
materi memperoleh hasil memperoleh hasil 36%, 36%, 28% yangberarti
layak digunakan, hasil interval ahli media memperoleh hasil 66,67%,
33,3%yang berarti layak digunakan digunakan, dan dari uji pengguna
hasil interval memperoleh hasil 45,5%, 54,5% yang berarti layak
digunakan. Dari semua hasil yang diperoleh maka permainan truth or
dare yang telah peneliti kembangkan dapatditerima secara praktis dan
teoritis sebagai salah satu media BK. Saran bagi guru BK untuk
permainan truth or dare dapat diimplementasikan sebagai salah satu
inovasi layanan BK untuk siswa untuk membantu meningkatkan
percaya diri karir.