Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
ARIANTI, SUCI
GUMILANG, GALANG SURYA
HANGGARA, GURUH SUKMA
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-09-27 11:33:47
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa terdapat siswa di
SMA Negeri 2 Kediri memiliki manajemen waktu belajar yang rendah. Hal ini
dibuktikan dengan adanya siswa siswi yang memiliki nilai pelajaran yang rendah.
Permasalahan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah adalah bagaimanakah
efektifitas penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan manajemen waktu
belajar di SMAN 2 KEDIRI.
Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experiment Methode)
ini terdiri atas dua kelompok yang telah ditentukan dengan memenuhi ciri-ciri
yang sudah di tentukan. Dalam teknik tersebut memiliki kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksprimen diberikan bimbingan
kelompok teknik sosiodrama sedangkan kelompok kontrol diberikan teknik pada
umumnya suatu diskusi.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling dengan menggunakan ciri-ciri yang sudah di tentukan.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak empat belas siswa sebagai kelompok
eksperimen dan empat belas siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis
yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi
statistik parametrik.
Kesimpulan hasil penelitian ini didasarkan pada uji independen sampel t-test
menyatakan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk
meningkatkan meningkatkan manajemen waktu belajar siswa. Uji Independen
Sampel Test dengan nilai Sig.2-tailed 0,001<0,05 diperoleh nilai Post Test
kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 64,43, sedangkan
nilai Pos Test kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 82,21.
Hasil penelitian ini sekaligus menjawab rumusan masalah bahwa nilai teknik
analisis thitung 5,933 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,048 karena
nilai t hutung > t tabel maka Ho di tolak Ha diterima. Maka layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan manajemen
waktu belajar siswa di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil, pentingnya penelitian
ini yaitu agar siswa mampu memanajemen waktu belajar dengan baik. Serta untuk
Guru BK hendaknya dalam memberikan layanan kepada siswa mengunakan
teknik yang bervariasi agar siswa antusias dalam mengikuti bimbingan kelompok
dimana proses yang ingin dicapai bisa maksimal.