DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA FUN MAZE PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Puspitasari, Puput
NURFAHRUDIANTO, AAN
YOHANIE, DIAN DEVITA
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2023-09-27 11:29:33 
Abstract :
Abstrak Puput puspitasari: Pengembangan Media Fun Maze pada Materi SPLDV kelas VIII SMP, Skripsi, Pendidikan Matematika, FIKS UN PGRI Kediri, 2023. Kata kunci : Media Fun Maze, Pengembangan Media, Pembelajaran Matematika. Hasil observasi pada proses pembelajaran matematika yang berlangsung di kelas VIII SMP SORE Pule, diperoleh fakta bahwa pada proses pembelajaran guru berpacu pada buku LKS kurikulum 2013 dan mengajar dengan metode cramah. Hal ini mengakibatkan siswa asik dengan kegiatannya sendiri, seperti mengobrol dengan teman sebangkunnya dan ada yang suka mencoret- coret buku tulisnya pada saat guru menjelaskan materi didepan kelas. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android yang di beri nama Fun Maze. Media pembelajaran Fun Maze dipilih karena memiliki keuntungan diantaranya dapat menarik siswa dalam belajar dan dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Tujuan dari penelitian pengembangan adalah (1) Untuk mendiskripsikan pengembangan media Fun Maze pada pembelajaran matematika materi SPLDV kelas VIII SMP (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan media Fun Maze pada materi SPLDV kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan suatu produk yang layak digunakan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP SORE Pule pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pengumpulan data dengan penyebaran angket respon siswa pada uji terbatas dan uji perluasan setelah proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran Fun Maze. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) hasil validasi dari ahli materi pada media Fun Maze mendapatkan penilaian 86% sehingga dikategorikan sangat valid sedangkan hasil validasi dari ahli media mendapatkan penilaian 96% sehingga dikategorikan sangat valid dan hasil penilaian dari ahli praktisi mendapatkan penilaian 82% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian rata-rata dari ahli RPP dan praktisi mendapatkan penilaian 85% dengan kategori sangat valid dan hasil penilaian dari ahli angket respon siswa 88% dengan kategori sangat valid. (2) angket respon siswa di berikan setelah penggunaan media Fun Maze, diperoleh data respon siswa uji coba terbatas siswa kelas VIII SMP SORE Pule sejumlah 3 siswa 77,5% dengan kategori valid dan uji coba perluasan siswa kelas VIII SMP SORE Pule sejumlah 10 siswa 80% dengan kategori valid. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri