Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Rosidah, Diah Ainur
SANTI, NOVI NITYA
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
Subject
720 Social science education
Datestamp
2023-09-27 11:24:23
Abstract :
Penelitian ini dilatar belangkangi oleh hasil observasi dan pengalaman
peneliti, bahwa anak berkebutuhan khusus mendapatkan perlakuan yang baik dan
dapat diterima oleh masyarakat sekolah, tanpa mengecualikan ataupun bullying.
Hal tersebut terlihat dari pemberian pembelajaran di dalam kelas dengan
implementasi pembelajaran oleh guru kelas dan guru pendamping khusus. Tujuan
dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kriteria anak berkebutuhan
khusus (2) Untuk mengetahui bentuk kolaborasi antar komponen pendidik (3)
Untuk mengetahui bagaimana pengembangan latar sekolah untuk pembelajaran
anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif, dengan subyek penelitian siswa berkebutuhan khusus di SD Mrican 1
Kediri, pendekatan ini dipilih karena data yang diambil berupa data deskriptif yaitu
implementasi pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan tiga siklus, menggunakan instrumen observasi, instrumen
wawancara, instrumen cek dokumen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)
Melalui wawancara dan observasi dapat ditemukan kriteria anak berkebutuhan
khusus. (2) Melalui wawancara dan observasi dapat ditemukan bentuk kolaborasi
antar komponen pendidik. (3) Melalui wawancara dan observasi dapat ditemukan
pengembangan latar sekolah untuk pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian dapat direkomendasikan: Identifikasi anak
berkebutuhan khusus dapat menentukan kriteria anak berkebutuhan khusus
termasuk jenis slow learner. Bentuk kolaborasi antar komponen pendidik dapat
mendukung implemetasi pembelajaran siswa berkebutuhan khusus, oleh karena itu
guru sebagai pelaksana dapat mengutamakan proses yang mendukung
implementasi pembelajaran.