Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Panggabean, Rachel Octavina
WAHYUDI, WAHYUDI
WENDA, DHIAN DWI NUR
Subject
610 Social sciences
Datestamp
2023-09-27 11:24:14
Abstract :
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh hasil studi
pendahuluan melalui wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri Bukur pada
materi keberagaman budaya, ditemukan bahwa saat pembelajaran guru belum
memiliki bahan ajar yang mendukung pembelajaran dan berbasis kearifan lokal
dalam membantu siswa mengenal apa saja keberagaman budaya lingkungan sekitar.
Hal tersebut dibuktikan berdasarkan wawancara bahwa terdapat 11 dari 15 siswa
kelas IV yang belum mampu memahami materi keberagaman budaya khususnya
provinsi setempat dan masih mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mengetahui bagaimana tingkat
kevalidan bahan ajar booklet berbasis kearifan lokal untuk materi keberagaman
budaya di kelas IV, (2) Bagaimana keefektifan bahan ajar booklet berbasis kearifan
lokal untuk materi keberagaman budaya di kelas IV, (3) Bagaimana respon guru
dan siswa terhadap bahan ajar booklet berbasis kearifan lokal materi keberagaman
budaya untuk siswa kelas IV?
Berdasarkan latar belakang tersebut munculah beberapa rumusan masalah,
yaitu : (1) Bagaimana validitas bahan ajar booklet materi keberagaman budaya
bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri Bukur, (2) Bagaimana efektifitas bahan
ajar booklet materi keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri
Bukur (3) Bagaimana respon Guru dan Siswa terhadap bahan ajar booklet materi
keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV SD Negeri Bukur.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research
and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap
pengembangan ADDIE . Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu
siswa kelas IV SD Negeri Bukur dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah rumus dan kriteria tertentu.
Simpulan hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar booklet materi
keberagaman budaya sebagai berikut, (1) Bahan Ajar booklet materi keberagaman
budaya untuk siswa kelas IV sangat valid karena memperoleh presentase skor 84%
dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, (2) Bahan
Ajar booklet materi keberagaman budaya untuk siswa kelas IV efektif karena hasil
ketuntasan belajar siswa memperoleh presentase skor 87% untuk uji coba terbatas
dan 93% untuk uji coba luas, dan (3) Bahan Ajar booklet materi keberagaman
budaya baik digunakan untuk pembelajaran karena memperoleh presentase skor
dari respon guru dan respon siswa sebesar 96,6%.