DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN SELF AWARENESS DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED PADA SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK PGRI 2 KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Qori'ah, Putri
NINGSIH, RISANIATIN
KRISPHIANTI, YUANITA DWI
Subject
803 Guidance and counseling 
Datestamp
2023-09-27 11:22:44 
Abstract :
Peneliti ini didasari oleh permasalahan dalam dunia pendidikan dengan adanya kurangnya Self Awareness pada siswa, self awareness mampu memberikan pengaruh dalam perilaku dan sikap individu baik pada dirinya sendiri maupun pada orang lain. Pentingnya self awareness pada individu dikarenakan individu mampu memiliki rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu atau hal yang ingin dicapainya, dengan begitu individu tidak ragu dengan keputusan yang individu rancang dan lakukan demi mencapai hal yang diinginkan. Sesuai permasalahan yang terjadi pada saat melakukan observasi di SMK PGRI 2 Kediri yaitu banyaknya siswa yang kurang menerapkan self awareness, untuk mengatasi dan mengurangi permasalahan tersebut seharusnya siswa mampu meningkatkan rasa self awareness. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat self awareness siswa dan untuk mengetahui adakah peningkatan self awareness pada siswa dengan menggunakan pendekatan client centered pada siswa kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan desain Subject Single Reseaerch (SSR). Jenis sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan 1 subjek diambil dari siswa kelas XI Multimedia sebanyak 35 siswa. Peneliti terlebih dahulu melakukan observasi dan wawancara dengan guru BK, Penelitian ini dilakukan dalam 9 kali pertemuan, 3 kali fase baseline (A1), 3 kali fase intervensi (B) dan 3 kali fase baseline 2 ( A2). Setiap fase intervensi peneliti mengajak subjek untuk melakukan relaksasi, kemudian mengajak subjek mengenal dirinya dengan pengalaman positif dan mengintegrasikan ke masa sekarang. Penelitian ini juga menggunakan instrument skala self awareness untuk mengetahui seberapa besar peningkatan self awareness yang dirasakan oleh subjek. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan kondisi baseline 1 (A1) sebanyak 3 kali didapatkan hasil skor rata-rata 47 dinyatakan kategori rendah, lalu pada intervensi (B) subject mendapatkan skor 78 dan dinyatakan tinggi. Pada tahap terakhir baseline 2 (A2) subject mendapatkan hasil skor rata-rata 92 dan dinyatakan tinggi atau baik. Dapat disimpulkan bahwa kondisi self awareness subject mengalami perubahan kearah lebih baik setelah diberikan intervensi (treatment atau konseling). Diperkuat dengan data overlapping, tidak terdapat data overlapping (tumpang tindih) pada kondisi baseline 1 ke kondisi intervensi, dan dari kondisi intervensi ke baseline 2. Maknanya intervensi berupa konseling individu pendekatan client centered yang diberikan mampu meningkatkan self awereness pada siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan self awareness dengan pendekatan client centered pada siswa kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Kediri. Oleh karena itu saran yang diberikan adalah sekolah melalui layanan BK dan orangtua harus berupaya meningkatkan self awareness pada siswa. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri