DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wahyudianto, Margo dwi
WIDODO, AGUS
SURATMAN, SURATMAN
Subject
721 Pancasila and civic education 
Datestamp
2023-09-27 11:16:54 
Abstract :
Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Sistem pembelajaran luring (luar jaringan) adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memakai media, seperti buku, modul, bahan ajar cetak dan sebagainya. pembelajaran daring merupakan sebuah pembelajaran pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran luring dan daring terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 7 SMAN 6 Kota Kediri. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa, Pengujian menggunakan kuisioner berjumlah 15 soal berbentuk pilihan ganda. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs (non-designs) jenis One Way Anova. Setelah dilakukan penghitungan diperoleh nilai Sig 0,706 yang berarti 0,706>0,05 maka dinyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 7 SMAN 6 Kota Kediri. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri