DETAIL DOCUMENT
Implementasi Metode K-Means Dan Perceptron Pada Klasifikasi Parfum Sepatu Berdasarkan Data Konsumen
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Audina, Risky
Swanjaya, Daniel
Helilintar, Risa
Subject
457 Computer engineering 
Datestamp
2020-08-27 03:41:00 
Abstract :
Parfum merupakan produk lifestyle untuk penampilan agar membangun percaya diri pada seseorang. Parfum sepatu merupakan produk spesifik untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Pemasaran parfum sepatu dilakukan secara offline dan juga online, dengan begitu parfum sepatu mengalami peningkatan jumlah konsumen. Dengan adanya peningkatan jumlah konsumen belum mengetahui varian aroma apa saja yang sangat laku di pasaran. . Data konsumen yang ada juga belum memberikan hasil maksimal agar mengetahui varian parfum sepatu yang sangat laku dipasaran, sehingga bisa meningkatkan jumlah varian parfum sepatu yang sangat disukai oleh konsumen dan mengurangi jumlah produksi varian parfum sepatu yang sedikit peminatnya. Metode perceptron merupakan bentuk jaringan syaraf tiruan yang sederhana, digunakan untuk mengklasifikasikan suatu tipe pola tertentu yang sering dikenali dengan pemisahan linear. Selain itu, metode perceptron dapat menyelesaikan masalah dengan baik dibanding dengan jaringan syarat tiruan lain, sehingga memungkinkan keluaran yang didapat sesuai dengan target tiap masukan. Dari hasil pelatihan dan pengujian jaringan perceptron yang dilakukan jumlah epoch akan kecil apabila jumlah data pelatihan dan pengujian yang digunakan sedikit yang memiliki nilai akurasi yaitu 29,9%. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri