DETAIL DOCUMENT
NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM GENRE HOROR: KKN DI DESA PENARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Pratama, Ricky Widia
NURSALIM, NURSALIM
PRISTIANI, YUNITA DWI
Subject
612 Sociology 
Datestamp
2023-09-27 11:12:47 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan moral yang tertuang di film genre horor: KKN Di Desa Penari. Dengan solusi permasalahan di dunia pendidikan, yaitu krisis moral generasi bangsa atas empat tahun yang lalu, sehingga dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai solusi melalui Film Genre Horor: KKN di Desa Penari mampu memberikan nilai- nilai pendidikan moral bagi generasi muda saat ini. Adapun subjek penelitian kualitatif ini meliputi 2 versi film KKN di Desa Penari (versi uncut dan versi luwih dowo luwih medeni), Novel KKN Di Desa Penari karya simpleman, dan narasumber yang berkecimpung di dunia cinematography. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juli 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumen. Selain itu, penulis menggunakan teknik content analysis dan semiotical analysis guna mendeskripsikan pesan- pesan yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan moral pada Film Genre Horor: KKN Di Desa Penari. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai yang tertuang dalam aspek pendidikan moral sebagai bentuk lain dari Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai mata pelajaran transfer of knowledge dan transfer of value mencakup self-knowledge, perspective taking, decision making, dan moral action dengan faktor-faktor penentunya adalah: 1) Religius; 2) Jujur; 3) Toleransi; 4) Kerja Keras; 5) Mandiri; 6) Rasa Ingin Tahu; 7) Menghargai Prestasi; 8) Ramah; 9) Cinta Damai; 10) Kepedulian Sosial; dan 11) Tanggungjawab. Sehingga implementasi pada nilai-nilai pendidikan moral dapat terjadi pengembangan lebih lanjut dalam pemahaman tentang pengaruh genre horor, pemanfaatan film sebagai alat pendidikan moral, dan integrasi film dalam pendidikan formal. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri