DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Aulia, Irma
GUMILANG, GALANG SURYA
ATRUP, ATRUP
Subject
803 Guidance and counseling 
Datestamp
2023-09-27 10:51:26 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman dari peneliti di SMK Negeri 1 Kediri masih terdapat siswa yang tidak memiliki dukungan sosial dari teman sebaya. Akibatnya suasana kelas yang sedikit membosankan dan terkesan monoton serta pasif. Agar mencapai suasana belajar yang nyaman maka dibutuhkannya suatu kondisi yang kondusif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan-tujuan belajar dapat tercapai. Salah satu syarat untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik maka diperlukannya motivasi. Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Kediri? Sedangan untuk tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kediri yang terbagi dalam 21 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jenis teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, hasil r_xy = 0,536 dengan p = 0,536 > 0,209 yang menyatakan terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang diterima siswa, maka motivasi belajar siswa juga akan semakin meningkat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) dapat mempelajari dan memahami teori, teknik, dan pendekatan yang berkenaan dengan upaya mencegah, mengurangi, dan mengatasi dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar siswa melalui pelayanan Bimbingan Konseling di sekolah. (2) Untuk peneliti selanjutkan diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi mengenai dukungan sosial dan motivasi belajar secara pendekatan kualitatif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri