DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA OJEK ONLINE GRAB KOTA KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Marlina, Nana
WINARKO, SIGIT PUJI
LINAWATI, LINAWATI
Subject
560 Economics 
Datestamp
2023-09-27 10:50:47 
Abstract :
Kemajuan teknologi di era globalisasi ini semakin berkembang dan bertumbuh pesat, termasuk di bidang transportasi yang menggunakan aplikasi pada smartphone android. Salah satu aplikasi terpopuler di Asia Tenggara adalah Grab, yang menawarkan layanan seperti transportasi, pengiriman barang atau jasa, dan bentuk pembayaran lainnya. Ojek online Grab sudah menguasai pasar transportasi di seluruh Indonesia tak terkecuali dengan Kota Kediri yang berada di provinsi Jawa Timur, kini berkembang pesat dan mengikuti tren ojek online seperti kota lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab. Populasi dalam penelitian ini adalah pada masyarakat Kota Kediri. Dalam pengambilan sampel penelitian ini memakai rumus slovin sehingga sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Studi ini memanfaatkan Google from yang telah diuji validasi dan reabilitasnya untuk menyebarkan kuesioner untuk pengambilan data. Teknik analisis data yang dipakai SPSS versi 23 dalam penelitian untuk hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil yang didapatkan membuktikan bahwa secara parsial harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Grab di wilayah Kota Kediri. Selanjutnya promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Grab di wilayah Kota Kediri. Kemudian terdapat kualitas pelayanan memiliki pengaruh juga yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Grab di wilayah Kota Kediri. Dan secara simultan harga, promosi dan kualitas pelayanan semuanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Grab di wilayah Kota Kediri. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri