DETAIL DOCUMENT
COMPETITIVE ADVANTAGE PELAKU USAHA FOOD TRUCK “IMMANUEL” : SEBUAH STUDI FENOMENOLOGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Irawan, Darwin
HAKIMAH, EMA NURZAINUL
SILALAHI, AMAT PINTU BATU
Subject
571 Management 
Datestamp
2020-08-24 22:25:04 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa semakin banyak pelaku usaha food truck di Kota Kediri yang ramai dikunjungi oleh masyarakat salah satunya food truck yang menjual bubur ayam yaitu Immanuel. Hal ini semakin menunjukkan persaingan dikalangan pelaku usaha food and baverage di Kota Kediri, agar suatu usaha dapat mencapai keunggulan dalam bisnisnya maka pelaku usaha harus menggunakan jurus-jurus bersaing untuk mengingkatkan keunggulan kompetitif yang bertujuan untuk memenangkan persaingan. Permasalahan dari penelitian ini adalah competitive advantage yang bagaimanakah yang diimplementasikan oleh food truck Immanuel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dari competitive advantage yang diimplementasikan oleh food truck Immanuel untuk menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologi. Dilakukan dengan pengamatan langsung dan wawancara yang mendalam kepada pemilik food truck Immanuel. Informan dipilih dengan kriteria 5 R (Relevance, Recomendation, Rapport, Readiness, Reassurance). Pengamatan dilakukan dengan observasi secara langsung pada lokasi food truck. Selanjutnya wawancara dilakukan untuk mengetahui competitive advantage yang dilakukan oleh food truck Immanuel. Hasil pengamatan dan wawancara yang mendalam pada penelitian ini menemukan bahwa untuk memenangkan persaingan bisnis, competitive advantage yang dilakukan oleh food truck Immanuel adalah (1) pelayanan kepada pelanggan (2) konsisten pada harga produk (3) menjaga mutu produk (4) keunikan produk. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri