DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN CANDI BOTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Junior, Fernando Alfonso
FIANTIKA, FENY RITA
HANDAYANI, APRILIA DWI
Subject
772 Mathematics education 
Datestamp
2020-08-25 00:35:21 
Abstract :
Fernando Alfonso Junior: Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Berbantuan Candi Boto, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2020. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discoveri Learning, Candi Boto Penelitian ini berlatar belakang dari hasil observasi/pendahuluan proses pembelajaran matematika yang dilakukan di SMA Negeri 1 Loceret khususnya kelas XI IPA pada bulan juni 2020, diketahui pada saat pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, sehiungga suasana kelas menjadi pasif. Hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengembangan perangkat pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantan candi boto?Bagaimanakah implementasi etnomatematika pada candi boto dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan implementasi etnomatematika pada candi boto. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling yang didapat di penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 37 siswa. Untuk pengambilan sampel/subjek subjek dengan pemilihan berdasarkan hasil ulangan harian terakhir dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Dan diperoleh 3 subjek yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah. Pengembilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes yang berbentuk soal uraian/esai dan lembar observasi keaktifan siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian penelitian ini (1) Siswa yang berkategorikan tinggi mampu menjelaskan semua indikaor (2) Siswa yang berkategorikan sedang mampu menjelaskan tiga indikator (3) Siswa yang berkategorikan rendah hanya mampu menjelaskan dua indikaror (4) Kemampuan guru dalam megelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh dengan hasil pretetst 85%, sedangkan pada saat postest 93%. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini kemampuan guru saat mengelola pembelajaran dikatakan baik. (5) Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh dengan hasil nilai presentase pada pretest 85,7%, sedangkan pada saat postest 87,5%. Dapat disimpulkan aktivitas siswa saat pembelajaran dikatakan aktif. (6) Ketuntasan siswa kelas XI IPA 1 pada materi barisan aritmatika dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh hasil nilai presentase sebasar 91,8%. Dapat disimpulkan ketuntasan tercapai. (7) Respon siswa terhadap pembelajaran dengam menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh hasil nilai presentase 81%. Dapat disimpulkan respon siswa dikatakan positif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri