DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
AMANAH, ROUDHOTUL
AFANDI, TJETJEP YUSUF
PRASTYANINGTYAS, EFA WAHYU
Subject
723 Economic education 
Datestamp
2020-08-25 13:56:11 
Abstract :
ROUDHOTUL AMANAH: Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Skripsi, PE, FEB UN PGRI Kediri, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran kebanyakan dari mahasiswa kurang rasa percaya diri pada matakuliah tertentu, kesulitan dalam menyelesaikan soal dan memahami matakuliah tertentu, sehingga hasil belajar matakuliah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan matakuliah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan perilaku belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Teknik penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan sampel menggunakan teknik Purposive sampling sebanyak 36 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, kecerdasan emosional, motivasi belajar dan perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan perilaku belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Berdasarkan simpulan hasil belajar penelitian direkomendasikan untuk menyeimbangkan motivasi belajar yang tinggi dan perilaku belajarnya sendiri supaya bisa mencapai prestasi yang diharapkan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri