DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS-3 SMAN I KANDAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
MAHARDIKA, RIZKY RANDA
AFANDI, ZAINAL
BUDIANTO, AGUS
Subject
618 History (history) 
Datestamp
2020-08-25 04:29:03 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Karena pembelajaran yang dilakukan guru masih diangap terlalu terpaku pada buku teks, akibatnya guru mengajar tanpa inovasi dan model yang kurang bervariasi sehingga membuat siswa cepat bosan dan cenderung tidak memperhatikan materi yang disampaikan. Hal tersebut berpengaruh pada kemampuan penguasaan materi dan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN I Kandat (2) Apakan penarapan pembelajaran berbasis Masalah dapat meningkatkan belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN I Kandat (3) Adakah pengaruh penarapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN I Kandat mengenai ilmu Sejarah mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa Kelas XI IPS SMAN I Kandat 1. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal Pilihann Ganda. (1) Berdasarkan hasil uji tes menggunakan SPSS for windows didapatkan hasil kelompok eksperimen. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN I Kandat dapat berjalan dan meningkatkan nilai mutu. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri