DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN ANGKA DELAPAN PADA SISWA KELAS 5 SDN JOHO 2 KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
KAMIM, MOH.
KURNIAWAN, WING PRASETYA
LUSIANTI, SEPTYANING
Subject
361 Sports science 
Datestamp
2020-08-25 07:06:31 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar dribbling sepak bola belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Joho 2 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Joho 2 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dengan jumlah total 7 orang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil dribbling melalui permainan angka delapan pada siswa kelas V SD Negeri Joho 2 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ditandai dengan peningkatan nilai rata- rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 64,14 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,6%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 65,64 dan persentase ketuntasan sebesar 42,85%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata dribbling siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 69,78 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran dribbling sepakbola menggunakan pendekatan permainan angka delapan dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik dribbling dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai siswa. Kemampuan dribbling siswa meningkat dengan ditandai dengan tuntasnya KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri