DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Rini, Chandra
SAMIJO, SAMIJO
HANDAYANI, APRILIA DWI
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2021-08-16 08:18:21 
Abstract :
Penelitian ini berlatar belakang dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama magang mengajar di SMA Negeri 7 Kediri, diketahui pada saat pembelajaran daring siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut akan berdampak pada tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa Kelas XI SMAN 7 Kediri melalui penggunaan media pembelajaran google classroom berbasis pembelajaran matematika realistik dalam sub pokok bahasan program linear? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa Kelas XI SMAN 7 Kediri melalui penggunaan media pembelajaran google classroom berbasis pembelajaran matematika realistik dalam sub pokok bahasan program linear? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran google classroom berbasis pembelajaran matematika realistik dalam sub pokok bahasan program linear, menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan, lembar soal tes tulis dan pedoman wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang didapat pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 30 siswa. Untuk pengambilan sampel/subjek dengan pemilihan berdasarkan hasi tes tulis dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Dan dipeoleh 3 subjek yang berkategorikan tinggi, sedang, dan rendah. Kesimpulan dari penelitian ini (1) siswa yang berkategorikan tinggi mampu menyelesaikan 5 dari 6 indikator (2) siswa yang berkategorikan sedang mampu menyelesaikan 3 dari 6 indikator (3) siswa yang berkategorikan rendah mampu menyelesaikan 2 dari 6 indikator. Dari hasil belajar siswa terdapat 3 siswa berkategorikan tinggi, 24 siswa berkategorikan sedang, dan 3 siswa berkategorikan rendah. Aktivitas siswa terhadap penggunaan google classroom berbasis pembelajaran matematika realistik pada tahap kegiatan pendahuluan sebesar 53% dengan kriteria cukup aktif, kegitan inti sebesar 83% dengan kriteria sangat aktif dan kegitan penutup sebesar 67% dengan kriteria aktif, sehingga memperoleh rata-rata sebesar 67% dan tingkat keaktifan siswa berada pada tingkatan aktif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri