DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE FLASH PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Setyawan, Muhamad Guntur Andrean
SAHARI, SUTRISNO
PERMANA, ERWIN PUTERA
Subject
720 Social science education 
Datestamp
2022-03-15 03:31:09 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Diketahui saat peneliti bertanya pada siswa dan guru bahwa penggunaan media masih jarang pada proses pembelajaran. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan dan konsep materi. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu memberi pemaham tentang materi keragaman budaya lebih baik. Media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran interaktif adobe flash. Tujuan dari penelititian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Penelitian ini menggunakan Research And Development (Penelitian dan Pengembangan). Model pengembangan yang menjadi acuan peneliti yaitu ADDIE. Model R&D ini digunakan karena di sesuaikan dengan Langkah Langkah dalam proses dan pengembangan yang dilakukan peneliti. Pada model ADDIE Langkah-langkah yang diambil sama seperti aslinya yang mencakup aspek Analyze (analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Instumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, dan tes tulis/soal evaluasi. Data hasil validasi, angket dan tes tulis menggunakan skala likert Hasil penelitian media pembelajaran interaktif adobe flash yaitu: (1) Media pembelajaran interaktif memperoleh presentase 87% dari ahli media dan 94% dari ahli materi yang berarti media dinyatakan sangat valid dalam uji validasi media, (2) Media pembelajaran interaktif memperoleh presentase 92% dari angket guru dan 92% dari angket siswa yang berarti media sangat valid dalam angket kepraktisan media, (3) Media pembelajaran interaktif mendapat presentase 45% pada pre test dan mendapat presentase 82% pada post test yang berarti media sangat efektif dalam hasil uji coba keefektifan media Kesimpulan dari penelitian pengembangan media interaktif ini yaitu media pembelajaran interaktif adobe flash dapat dikatakan valid, praktis dan efektif pada materi keragaman budaya untuk siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 sesuai dengan hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri