DETAIL DOCUMENT
ANALISIS VALIDASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN ARGUMENTASI SISWA BIOLOGI SMA KELAS XI MIPA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wulansari, Wiwin
NURMILAWATI, MUMUN
UTAMI, BUDHI
Subject
709 Product design 
Datestamp
2020-08-18 05:30:51 
Abstract :
Di Indonesia pendidikan abad 21 memiliki 4 keterampilan yaitu creative thinking (berpikirkreatif), critical thinking(berpikir kritis),collaboration (keterampilankolaborasi), dan communication(keterampilan komunikasi). Keterampilan abad 21 tersebut diwujudkan melalui kurikulum K -13 yang menuntut siswa aktif dalam pembelajaran. Diharapkan siswa mampu memiliki keterampilan abad 21, diantaranya keterampilan komunikasi dan argumentasi. Keterampilan komunikasi penting bagi siswauntuk membantu menyampaikan, mendengarkan dan memahami makna pengetahuan, nilai, sikap dan perhatian. Keterampilan argumentasi penting bagi siswauntuk membantu siswa berpendapat secara rasional, sehingga orang lain menerima pendapat tersebut. Instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa dibuat sebagai alat untuk mengukur keterampilan siswa, dan validasi instrumen mempermudah pengumpulkan data dengan hasil lebih lengkap,baik, sistematis dan mudah diolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria validasi instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa biologi SMA kelas XI MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperolehmenunjukkan bahwa tingkat validasimenurut ahli instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa biologi SMA kelas XI MIPA termasuk kriteria Baik (B) dengan nilai 25, sedangkan menurut praktisi instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa SMA kelas XI MIPA termasuk kriteria Sangat Baik (SB) dengan nilai 26. Kata Kunci: keterampilan komunikasi, argumentasi 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri