Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Fuadi, Zul Afriza
DAMARISWARA, RIAN
DAMAYANTI, SUSI
Subject
793 PGSD
Datestamp
2022-03-24 02:00:07
Abstract :
ABSTRAK
Zul Afriza Fuadi: Pengembangan Media Pembelajaran Papan Tali Materi Menulis Kalimat
Siswa Kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2021.
Kata kunci: Media Papan Tali, Menulis Kalimat, Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa guru pada kegiatan
pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, siswa kurang memahami terkait unsur
kalimat, siswa hanya bertidak pasif menerima apa yang disampaikan guru dan hasil belajar
siswa kurang dari KKM. Pada pembelajaran kedudukan media pembelajaran memiliki peranan
penting karena dapat mempermudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang
tidak menarik menjadi menarik, siswa kurang memahami terkait unsur kalimat pada materi
menulis kalimat. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran pada
materi menulis kalimat.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan produk
pengembangan media pembelajaran papan tali pada materi menulis kalimat siswa kelas III
SDN Lirboyo 2 Kota Kediri?. (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran
papan tali pada materi menulis kalimat kelas III?. (3) Bagaimana keefektifan pengembangan
media pembelajaran papan tali pada materi menulis kalimat pada siswa kelas III SDN Lirboyo
2 Kota Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan produk
pengembangan media pembelajaran papan tali pada materi menulis kalimat siswa kelas III SDN
Lirboyo 2 Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan Media papan tali pada
materi menulis kalimat pada siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui
keefektifan pengembangan Media papan tali pada materi menulis kalimat pada siswa kelas III
SDN Lirboyo 2 Kota Kediri.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu (1)
Analisis, (2)Desain, (3) Pengembangan, (4) Penerapan, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini siswa
kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yakni
teknik analisis data kulitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh
dari hasil validasi media dan materi. Sedangkan analisis ada kuantitatif diperoleh dari total skor
dari validasi media, validasi materi dan angket respon guru.
Pengembangan ini menghasilkan produk berupa media papan tali . Hasil penelitian
ini adalah (1) Media papan tali menulis kalimat dinyatakan valid dan dapat digunakan karena
memperoleh hasil validitas media sebesar 80% menyatakan sangat setuju dan hasil validasi
perangkat pembelajaran sebesar 88%. (2) Media papan tali dinyatakan praktis dengan memperoleh
respon guru dengan hasil 80% dinyatakan praktis dengan catatan penggunaan media dapat
meningkatkan pemahaman siswa (3) Media papan tali dinyatakan efektif karena memperoleh hasil
76% pada ujicoba luas.