DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nuraini, Erika
ISWANTININGTYAS, VENY
WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI
Subject
212 Social economy of domestic economy 
Datestamp
2022-08-19 05:33:42 
Abstract :
ABSTRAK Erika Nuraini: Pengembangan Media Wayang Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2022. Kata Kunci: Media Wayang Huruf, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini Penelitian yang telah dilakukan bermaksud mendeskripsikan pengembangan wayang huruf untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak, hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya memberikan stimulasi kemampuan membaca permulaan untuk anak usia dini dengan menggunakan media yang menarik. Selain itu, kemampuan membaca permulaan juga perlu dikembangkan agar anak memiliki kesiapan dalam melanjutkan kependidikan yang tinggi lagi yaitu sekolah dasar. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dapat distimulus dengan beberapa penggunaan media pembelajaran, media tersebut merupakan media pembelajaran yang dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan yaitu dengan melalui media Wayang Huruf yang dapat untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak, sehingga dapat menarik minat belajar anak sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media wayang huruf. Penggunaan media wayang huruf akan lebih menyenangkan bagi anak dalam membaca permulaan, karena media wayang huruf sangat menarik bagi anak dan dengan menggunakan suatu media pembelajaran mampu meningkatkan semangat belajar pada anak. Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan RnD (Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif, peneliti menggunakan media wayang huruf untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak. Penelitian menggunakan 3 tahap yaitu pengumpulan data, desain produk, dan validasi desain, ini disebabkan karena kondisi pandemi Covid 19, menjadikan sulitnya mendapatkan ijin penelitian di lembaga untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Penelitian ahli materi di peroleh nilai lebih dari 0,05 yang artinya mendapatkan nilai syarat valid dan kelayakan produk. Selain itu, penilaian ahli media diperoleh nilai rata-rata lebih dari 0,05 yang artinya mendapatkan nilai syarat valid dan media layak dipergunakan dan diujicobakan. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media wayang huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. 

Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri