Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Erika, Novianti
Gesty, Ernestivita
SUHARDI, SUHARDI
Subject
571 Management
Datestamp
2022-08-18 08:31:15
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dalam dunia bisnis
Fotocopy dan Print yang semakin hari semakin banyak pelaku dunia bisnis jasa
dari waktu ke waktu yang semakin ketat secara tidak langsung akan
mempengaruhi usaha suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar.
Indikasi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Fotocopy dan Print
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya lokasi kualitas pelayanan dan
fasilitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1)
pengaruh signifikan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Fotocopy dan Print
FIRA Kediri, (2) Signifikasi persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen pada Fotocopy dan Print FIRA Kediri, (3) Signifikasi fasilitas terhadap
kepuasan konsumen pada Fotocopy dan Print FIRA Kediri, (4) Signifikasi lokasi,
kualitas pelayanan, dan fasilitas yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di
Fotocopy dan Print FIRA Kediri Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausal dimana
pengumpulan datanya bersifat dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam
penelitian ini ialah seluruh konsumen yang memakai jasa Fotocopy dan Print
FIRA. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 responden. Teknik dalam
pengambilan sampel menggunakan teknik non-probabilitas. Alat uji yang
digunakan dalam penelitian ini ialah uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan software IBM SPSS
statistics versi23. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1) lokasi berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen 2) kualitas pelayanan berpengaruh
siginifikan terhadap kepuasan konsumen 3) fasilitas berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen 4) lokasi, kualitas pelayanan dan fasilitas secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Fotocopy dan
Print FIRA.