DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARPOSA DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI BANARAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
ARIFAH, SITI WINDA
RIDWAN, RIDWAN
LESTARININGRUM, ANIK
Subject
743 Indonesian language and literature education 
Datestamp
2022-08-22 01:47:35 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak ? Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk masih belum berkembang hal tersebut terlihat masih banyak anak yang belum mampu membedakan huruf, menyebutkan huruf, dan kurang aktif dalam belajar membaca permulaan dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan membaca permulaan masih kurang dan belum lengkap. tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang perkembangan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media karposa serta mengetahui perbedaan antara waktu sebelum dilakukannya penelitian dan sesudah dilakukannya penelitian. Dengan menggunakan media karposa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak, dimana media karposa terbuat dari bahan yang mudah di dapat dan dibuat sendiri, yaitu berupa kartu huruf yang ditempelkan dapat digunakan anak untuk belajar merangkai suatu kata, sehingga dengan menggunakan madia karposa anak akan lebih tertarik untuk belajar mengenal huruf, membaca dan merangkai huruf menjadi kata dengan lebih menyenangkan Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak ? Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk yang terdiri dari 25 anak diantaranya 9 anak laki ? laki dan 16 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II, dengan hasil sebagai berikut terdapat 8 anak yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik (32%) pada prasiklus, selanjutnya ada 15 anak yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik (52%) pada siklus I, kemudian ada 20 anak yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik (80%) pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui media karposa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak ? Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. 

Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri